Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Bootloop Via Fastboot

Halo sahabat kliniksmartphone.com, bertemu lagi dengan saya admin blog ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara flash xiaomi redmi 5a yang bootloop via fastboot dengan menggunakan Mi Flash Tool.

Mas, bootloop itu apaan sih mas? Bootloop adalah keadaan dimana smartphone android hanya berhenti di logonya saja ketika di nyalakan, atau orang-orang juga sering menyebutnya dengan hang logo. Sudah paham kan?

Kalau sobat mengalami masalah serupa, itu merupakan suatu hal yang sangat tidak menyenangkan bukan?, karena jaman sekarang ini hidup tanpa smartphone bagaikan taman tak berbunga, itu sih kata pepatah, heheh.

Tapi sobat tenang aja, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana sih cara mengatasi xiaomi redmi 5a hang logo. Cara yang saya bagikan di sini adalah memperbaiki masalah pada Hp Xiaomi dengan cara melakukan flashing xiaomi redmi 5a.
Cara-flash-xiaomi-redmi-5a-bootloop-via-fastboot
Image Source : https://www.gadgetmatch.com/wp-content/uploads/2018/03/Xiaomi-Redmi-5A-10.jpg

Flashing itu apaan sih mas?, Flashing adalah proses penginstalan ulang sistem android dengan menggunakan PC / Komputer. Flashing juga bisa sobat gunakan untuk mengatasi berbagai masalah lainnya, Seperti:
  • Xiaomi redmi 5A lupa pola,
  • Xiaomi redmi 5A lupa sandi,
  • Xiaomi redmi 5A aplikasi sering terhenti, 
  • Xiaomi redmi 5A Mati total atau biasanya di sebut Hardbrick,
  • Xiaomi redmi 5A Hank,
  • Xiaomi redmi 5A cuma bergetar saja,
  • Xiaomi redmi 5A blank,
  • Dan berbagai permasalahan software lainnya.
Semua permasalahan serupa seperti diatas, bisa anda atasi dengan melakukan flashing, dan satu hal lagi, flashing juga di gunakan untuk meng update ROM, atau versi android dan sebagainya. Sampai sini sobat sudah paham kan? kalau belum silahkan di baca lagi, itu mudah di mengerti kok.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Via Fastboot

Karena sobat sudah tahu apa itu bootloop dan apa itu flashing beserta kegunaannya, sekarang mari kita bahas bagaimana cara flash xiaomi redmi 5A yang bootloop via fastboot dengan menggunakan Mi Flash tool. Namun sebelum memulai flashing xiaomi redmi 5a sobat, silahkan sobat siapkan dulu bahan-bahan yang di perlukan untuk melakukan flashing android khususnya xiaomi redmi 5a milik sobat ini.
Baca Juga :

Bahan Yang di Perlukan Untuk Flashing Xiaomi Redmi 5A

Di bawah ini adalah bahan-bahan yang harus sobat siapkan untuk melakukan flashing. Silahkan dwnload semua bahan pada link di bawah ini :

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A 

Berikut ini adalah tahapan langkah demi langkah melakukan flashing xiaomi redmi 5a. Harap de perhatikan, sebelum melakukan flashing pastikan smartphone Xiaomi redmi 5a sobat memiliki daya baterai diatas 50 %, tujuananya untuk menghindari kegagalan flashing di tengah jalan akibat kehabisan baterai. Jika sudah Silahkan ikuti panduan ini dengan seksama :
  1. Dwnload semua bahan pada link yang saya sediakan,
  2. Jika sudah, silahkan di ekstrak terlebih dahulu,
  3. Kemudian Instal Quallcom QDloader USB driver,
  4. Kemudian Instal Mi Flash Tool,
  5. Setelah di install, Buka Mi Flash di C:\Program Files (x86)\Xiaomi\MiPhone, 
  6. Buka Mi Flash dengan cara klik kanan kemudian pilih run as administrator
    Cara_Flash_Xiaomi_Redmi_5a_Bootloop
  7. Setelah Terbuka, klik pada tombol browse, kemudian cari dan arahkan ke folder firmware Xiaomi redmi 5A yang sudah sobat ekstrak tadi, 
    Cara_Flash_Xiaomi_Redmi_5A
  8. Matikan ponsel xiaomi redmi 5a sobat, kemudian masuk ke Fastboot mode, Caranya gampang kok sob, dalam keadaan mati silahkan tekan dan tahan tombol volume bawah (-) dan Tombol power, lepaskan jika sudah muncul logo robot xiaomi dan tulisan fastboot, 
  9. Jika sudah, silahkan sobat hubungkan Hp xiaomi redmi 5a sobat ke Pc / Komputer menggunakan kabel USB,
  10. Klik Refresh pada Mi Flash Tool, ini berguna untuk mendeteksi driver, Kalau driver xiaomi sudah terinstal dengan benar di PC sobat, akan muncul COMx. Dan kalau tidak muncul, silahkan sobat Instal Xiaomi usb driver dengan benar.
  11. Jika cara nomor 10 tidak berhasil, sobat bisa melakukan testpoint, 
  12. Caranya adalah, silahkan sobat hubungkan 2 titik tersebut dengan pinset atau benda besi lainnya, kemudian sillahkan sobat hubungkan hp xiaomi sobat ke pc menggunakan kabel usb,
  13. Maka akan terdeteksi Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COMx) di device manager,
  14. Kemudian klik Refresh pada mi flash, mi flash akan mendeteksi device sobat, ditandai dengan angka atau huruf custom tadi berubah menjadi COMx, yang artinya driver sudah terbaca oleh mi flash,
  15. Kemudian klik tombol Flash pada Mi Flash Tool,
  16. Tunggu Hingga proses flashing berjalan hingga selesai,
  17. Selesai. 
Nah, pada tahap ini, jika sobat mengikuti panduan ini dengan seksama, kemungkinan besar adalah proses flashing akan berjalan lancar. Ini karena apa yang saya tulis adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai seorang teknisi perbaikan android di salah satu konter di Aceh. 

Gimana Mudah bukan? kalau ada kendala silahkan hubungi saya via kolom komentar di bawah ya sob, InsyaAllah saya akan bersedia membantu dan membimbing sobat jika saya punya waktu luang.

Kata Akhir

Dengan berakhirnya panduan kali ini, maka berakhirlah pertemuan kita hari ini. Oh iya, apakah artikel cara flash xiaomi redmi 5a ini bisa mengatasi permasalah pada smartphone xiaomi redmi 5a sobat, jika iya silahkan tinggalkan komentar sobat di kolom bawah.

0 Response to "Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Bootloop Via Fastboot"

Post a Comment