Cara Flash Xiaomi Mi A1 Untuk Mengatasi Lupa Pola

Halo sahabat kliniksmartphone.com, bertemu lagi dengan saya admin blog ini, pada kesempatan kali ini saya akan menbagikan pengalaman saya sebagai seorang teknisi (masih NOOB) mengenai cara flash xiaomi mi a1 untuk mengatasi lupa pola atau bootloop atau masalah software lainnya seperti flash xiaomi a1 ke miui 9 juga akan saya jelaskan pada artikel ini.

Perlu sobat ketahui, melakukan flash atau isntal ulang xiaomi mi a1 adalah proses penginstalan system android dengan firmware mi a1 yang baru, jadi, jika sobat melakukan flashing, semua data di penyimpanan internal akan hilang, jadi, silahkan sobat backup atau pindahkan dulu data - data penting yang tersimpan di memori internal hp xiaomi mi a1 kesayangan sobat. Namun jika smartphone xiaomi mi A1 sobat sudah terlanjur bootloop, sobat harus merelakan data - data tersebut, Oh iya, udah tahu kan apa itu bootloop, baik, bagi yang belum mengerti, bootloop adalah keadaan dimana hp xiaomi mi a1 sobat hanya mentok di logo mi nya saja ketika di hidupkan, dalam kasus seperti ini, melakukan flash adalah solusi utamanya.

Xiaomi mi a1 pertama kali di luncurkan pada tanggal 12 september 2017 di India, yang kemudian hadir di negara lain dan juga di indonesia. Ponsel xiaomi ini memiliki lebar 5,5 inch yang resolusinya udah full HD. Xiaomi mi A1 memiliki tiga varian warna, yakni blcak, Gold, dan rose gold. Pihak xiaomi membekali ponsel cerdas ini dengan dual kamera di bagian kamera belakangnya.

Dari sisi spesifikasi hardware, xiaomi mi a1 merupakan ponsel dengan kategori kelas menengah, jika sobat ingin memilki xiaomi mi a1 ini, sobat cukup mengelurakan biaya sekitar 3 jutaan.
Cara-Flash-Xiaomi-Mi-A1-Lupa-Pola-Bootloop-Ke-Miui-9
Baiklah, saya mengerti, tujuan anda kesini bukan untuk mencari tahu harga dan spesifikasi xiaomi mi a1, melakinkan untuk mencari tahu bagaimana cara instal ulang xiaomi mi a1, ya kan?. Baiklah sekarang mari kita lanjutkan ke pokok pembahasan utama kita.

Cara Flash Xiaomi Mi A1 Untuk Mengatasi Lupa Pola, Bootloop Dll.

Berikut ini adalah tahapan langkah demi langkah dalam melakukan instal ulang atau lebih tepatnya cara flash xiaomi mi a1 via mi flash. Saya jelaskan sedikit, flash xiaomi a1 juga bisa mengatasi permasalahan software lainnya seperti :
  • Xiaomi Mi A1 Lupa Sandi,
  • Xiaomi Mi A1 Lupa Pola,
  • Xiaomi Mi A1 Bootloop atau hang logo,
  • Xiaomi MI A1 Update Miui 9,
  • Xiaomi Mi A1 Hank, lemot,
  • Dan masalah software lainnya.

Bahan Yang di Perlukan Untuk Flash Xiaomi Mi A1 

Berikut ini adalah bahan - bahan yang perlu sobat siapkan sebalum melakukan flash ulang, silahkan sobat siapkan alat dan bahan seperti di bawah ini:
Untuk mendownload bahan di atas, saya anjurkan untuk mengunduhnya via pc / laptop, jangan pake hp, pengalaman saya download pake hp filenya corrupt, jadinya gagal flashing, itu pengalaman saya, kalo sobat mau download pake hp, ya silahkan aja, semoga aja file nya tidak corrupt.

Cara Flash Xiaomi Mi A1 Via Mi Flash

Nah, sekarang mari kita bahas poin utama kita, silahkan sobat ikuti panduan langkah demi langkah ini dengan baik, teliti dan benar agar tidak terjadi kegagalan flashing.
  1. Ekstrak semua bahan yang sudah sobat download tadi, 
  2. Untuk firmwarenya silahkan di ekstar sampe menjadi folder, biasanya 2 kali ekstrak, untuk ekstrak yang kedua kalo ga bisa silahkan sobat ganti ekstensi nya menjadi zip atau rar, kemudian ekstrak,
  3. Instal Xiaomi Flash,
  4. Instal driver qualcomm,
  5. Instal Minimal adb and fastboot,
  6. Buka xiaomi flash, jika tidak ada di dekstop, silahkan cari di C:\Xiaomi\XiaomiFlash,
  7. Buka dangan cara klik kanan, kemudian pilih run as administrator,
  8. Setelah terbuka, silahkan sobat klik pada Select, kemudian cari dan arah kan ke folder firmware xiaomi mi a1 yang sudah sobat ekstrak tadi,
    XiaomiFlash 2017
  9. Matikan hp sobat,
  10. Selanjutnya sobat harus masuk ke edl mode atau mode download,
  11. Download filenya disini, kemudian ektrak ,
  12. Matikan hp sobat, lalu masuk ke fastboot mode dengan cara tekan dan tahan tombol power + volume bahah sampai muncul logo fastboot,
    Xiaomi mi a1 fastboot mode
  13. Buka file edl mode yang sudah di ekstrak tadi, lalu klik 2 kali pada file yang namanya edl.cmd, otomatis hp xiaomi sobat akan blank hitam dan lampu led berkedip warna merah, artinya sudah masuk ke mode download,
  14. Jika cara NOMOR 12 dan 13 tidak berhasil, sobat harus melakukan testpoint,
    mi a1 testpoint
  15. Caranya adalah silahkan sobat hubungkan 2 titik seperti gambar di atas bisa dengan pinset atau benda besi lainnya, lalu sambungkan ke pc / laptop menggunakan kabel USB,
  16. Maka akan terdeteksi driver Qualcoom HS-USB QDLoader 9008 (COMx) di device manager,
  17. Selanjutnya klik tombol refresh di xiaomi flash,
  18. Xiaomi flash akan mendeteksi device sobat, di tandai dengan angka atau huruf custom tadi berbah menjadi COMx,
  19. Langkah selanjutnya silahkan sobat klik Tombol Flash,
  20. Proses Flashing akan berjalan, Silahkan sobat tunggu hingga selesai,
  21. Jika sudah selesai, cabut hp sobat lalu nyalakan ulang,
  22. After flashing, proses booting pertama agak sedikit lama, jadi sabar aja dan jangan panik,
  23. DONE!!
Gimana mudah bukan cara flash xiaomi mi a1? sampai pada tahap ini, jika sobat mengikuti panduan ini dengan baik teliti dan benar, saya yakin hasilnya pasti JOSS, karena apa yang saya tulis di blog ini, adalah sebagian besarnya berasal dari pengalaman saya sendiri sebagai seorang teknisi.

Kata Akhir

Demikianlah perjumpaan kita kali ini, semoga artikel cara flash xiaomi mi a1 ini bisa memberi manfaat untuk para pambacanya, jika berhasil, silahkan sobat share artikel ini ke teman - teman sobat agar mereka juga tau, namun jika sobat masih belum berhasil atau mengalami kendala, silahkan sobat komen di bawah, tidak komen berarti saya anggap udah berhasil ya, atau kalau mau fast respon, sobatr bisa menghubungi saya via facebook, add aja Muhammad Nur Zahri. Terima kasih udah berkunjung, semoga berhasil ya.

0 Response to "Cara Flash Xiaomi Mi A1 Untuk Mengatasi Lupa Pola"

Post a Comment